Cara Membuat Hologram 3D

Bagaimana cara membuat hologram 3D dengan mudah, murah dan sederhana? Hal ini bisa dilakukan  cukup dengan modal plastik mika dan smartphone. Hampir semua peralatan yang kita butuhkan untuk membuat sebuah hologram sederhana ini adalah dengan menggunakan peralatan yang sudah ada disekitar kita dan tentunya mudah didapatkan. Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan :

membuat hologram 3d
Hologram 3D

  • Smartphone (untuk mencari video hologram)
  • Plastik Mika (untuk membuat piramid hologram)
  • Kertas Putih ( HVS) (untuk membuat cetakan awal)
  • Solasi (sebagai alat perekat plastik mika)
  • Gunting (untuk memotong kertas , plastik mika dan solasi)
  • Pulpen (untuk menggambar)
  • Penggaris (untuk membantu menggambar)

alat dan bahan
Alat dan bahan membuat 3D Hologram
Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Kini saatnya untuk merancangnya. Ikuti langkah langkah berikut ini dengan berururt agar mudah dipahami.

1. Ambil plastik mika dan kertas hvs. Buatlah dengan bantuan pulpen dan penggaris bentuk seperti segitiga yang terpotong pada bagian atasnya dengan rincian ukuran sebagai berikut. 6 cm pada bagian bawah, 1 cm pada bagian atas, tinggi piramid 4 cm. Lihatlah gambar dibawah ini agar lebih jelas.

piramid
Piramid terpotong

2. Selanjutnya potong menggunakan gunting pada kertas sesuai dengan gambar yang sudah dibuat tadi. Maka hasilnya kita sekarang memiliki 1 buah cetakan piramid kertas yang terpotong atasnya sebagai cetakan ke plastik mika.

memotong piramid
Potong dengan gunting
3. Ambil sebuah plastik mika. Kemudian tempelkan kertas hasil potongan tadi ke mika sebagai cetakan / patokan untuk memotong plastik mika sesuai ukuran kertas potongan tadi. Potong plastik mika menggunakan gunting/ cutter jika diperlukan. Lakukan hal yang sama, sampai kita memiliki 4 buah potongan plastik mika dari potongan kertas.

membuat hologram 3d sendiri
Memotong mika
4. Mengabungkan 4 piramid mika. Setelah kita memiliki 4 buah piramid plastik mika dengan ujungnya yang terpotong. Kini saatnya kita gabungkan ke-4 piramid mika tadi menjadi satu kesatuan dengan menggunakan solasi. Gabungkan ke-4 piramida mika membentuk piramid 3D dengan bagian atas yang bolong. Seperti gambar di bawah ini.
3d hologram plastik mika
Menggabungkan 4 piramid mika dengan solasi

5. Selanjutnya, ambil smartphone, buka youtube dan carilah sebuah video hologram. Caranya : pada kolom pencarian di Youtube ketikkan "hologram video" , maka akan muncul beberapa video hologram. Pilih salah satu yang diinginkan.

video hologram
Pencarian video hologram di Youtube.com


Contohnya video di bawah ini.


6. Putar video hologram tersebut secara full screen (layar penuh) di smartphone. Selanjutnya letakkan piramid yang sudah kita buat tadi di atas layar smartphone. Maka secara otomatis sekarang kamu sudah bisa menyaksikan video hologram buatanmu sendiri. Cara melihatnya adalah melalui samping piramid / samping smarphone. Untuk hasil yang maksimal, tonton video hologram 3D ditempat yang gelap. Kamu akan menyaksikan video hologram 3D yang menakjubkan. Hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.

piramid hologram 3d
Tempatkan piramid di atas smartphone



hologram kupu kupu
Hasil dari 3D Hologram dengan plastik mika

Nah, itulah cara untuk membuat 3D Hologram dengan mudah dan murah. Cukup dengan beberapa alat dan bahan disekitar, kita bisa membuat sesuatu yang luar biasa. Kenapa luar biasa? karena ini adalah hasil kerja keras kita sendiri. Tidak perlu membeli , tetapi kita bisa membuat sendiri. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk semua yang membaca tulisan ini. Selamat mencoba, jangan lupa tuliskan testimoni kamu di kolom komentar. Apakah berhasil atau tidak ?
Load Comments